Sulit mana membangun sistem Informasi di Perusahaan Kecil atau Besar

20.38 Edit This 0 Comments »
Secara gamblang kita akan menjawab dengan penuh keyakinan bahwa membangun sistem informasi di perusahaan kecil lebih mudah dari pada diperusahaan besar. Banyak pengembang menganggap spele dan memang secara aplikasi mudah. Namun permasalahannya bukan hanya design aplikasinya namun SDM adalah hal sangat penting dalam efektivitas suatu sistem. Kalau saya punya pendapat justru membangun sistem informasi di perusahaan kecil lebih sulit dibanding perusahaan besar ! Alasannya…

1. Struktur organisasi perusahaan besar yang mendukung sehingga memungkinkan pengolahan data secara terdistribusi. Kewenangan sesuai dengan jabatan tertentu. Pada perusahaan kecil biasanya terdapat jabatan rangkap dan umumnya dikuasai oleh owner dan keluarganya. Sering komunikasi tidak jalan. Kewenangan jabatan tidak tebatas pada jabatan tertentu. Katakanlah semua jadi bos.

2. Perusahaan besar memiliki SDM relatif lebih baik yang direkrut dengan prosedur selektif yang relativ ketat sesuai dengan kriteria yang diinginkan, sedangkan perusahaan kecil kurang selectif.

3. Perusahaan besar mempunyai kemampuan pembiayaan project lebih baik dan mempunyai alat ukur untuk mengevaluasi, sedangkan perusahaan kecil umumnya hanya menuntut efektif kerja sepihak dengan kurang memperhatikan faktor biaya.

4. Perusahaan besar umumnya mempunyai agenda pengembangan sumberdaya, sedang perusahaan kecil SDM biasanya masih dalam posisi sulit untuk berkembang. Mau kerja keras Gaji tidak sesuai.

5. Kebijakan pada perusahaan besar relatif konstan karena melibatkan beberapa level manajemen sedangkan pada perusahaan kecil kebijakan biasa apa maunya bos dan tak terkendali.

6. Susunan manajemen disusun atas dasar profesionalisme melalalui suatu proses, dan bukan atas kekeluargaan sedangkan pada perusahaan kecil profesionalisme kurang diperhatikan.

7. dll.

0 komentar: